Kamis, 14 Juni 2012

Di Luar Lapangan Euro 2012, Ada Nike Versus Adidas


CHICAGO. Ketika Jerman melawan Portugal dalam kejuaran Piala Eropa 2012 pada Sabtu (9/11) lalu ternyata ada juga pertempuran lain. Pertempuran itu antara Nike Inc. dan Adidas AG. sebagai sponsor bagi seragam tim-tim unggulan. 
Nike seperti diketahui menjadi sponsor bagi kostum Portugal. Sementara Adidas, pesaingnya, menjadi sponsor bagi seragam tim nasional Jerman. 
Adidas selama ini selalu dikaitkan dengan dunia sepakbola sejak perusahaan Jerman itu berdiri 1949 silam. Sementara Nike yang berdiri pada era 1960-an baru berkecimpung di bisnis sepakbola pada 1994. 


Dua tahun setelah itu, Nike mengejutkan Adidas dengan menjadi sponsor tim nasional Brasil. "Kesepakatan dengan Brasil ini menunjukkan kehadiran dan profil Nike. Ini juga menunjukkan sinyal yang jelas," kata Simon Chadwik, pakar strategi pemasaran Coventry University Business School.  Sejak saat itu, Nike giat mempromosikan bisnisnya di dunia sepakbola. Perusahaan yang berbasis di Oregon ini menjadi sponsor tim dan pemain terkenal seperti Cristiano Ronaldo. 


Posisi Adidas sendiri kian terjepit dengan manuver Nike ini. Baru-baru ini, Nike berhasil memenangkan untuk menjadi sponsor tim nasional Prancis. Nike membelanjakan uang hampir sekitar 300 juta euro atau kurang lebih US$ 374,01 juta. Bandingkan dengan deal antara Nike dan Brasil pada 1996 silam yang hanya sebesar 100 juta pounds. 


Sebagai produsen pakaian olahraga, Nike memang royal membelanjakan uang di dunia sepakbola. Salah satu alasannya karena penggemar sepakbola di dunia mencapai 2 miliar orang. Bandingkan dengan basket. Berdasarkan riset REPUCOM dan SPORT+MARKT, penggemar basket di seluruh dunia hanya 1,2 miliar orang. 


Dengan menjadi sponsor tim ternama, para produsen pakaian olahraga ini berharap berpengaruh bagi fans mereka. Analis Paul Swinand mengatakan, even olahraga seperti UEFA Euro 2012 bisa meningkatkan penjualan hingga 5%. 


Sementara, Konsultan PR Peter Rohlmann meramalkan, penjualan barang-barang sepakbola bisa mencapai 4 miliar euro. Dia memperkirakan, Adidas kebagian 38% pangsa pasar sementara Nike sebesar 36%. 


Head of Market Intelligence SPORT+MARKT Andreas Ullman memperkirakan, tujuh juta replika seragam tim nasional yang akan terjual di ajang Euro 2012 ini. Nilainya diperkirakan mencapai 500 juta euro atau setara US$ 623,35 juta.


Sejarah dan prestise


Beberapa ahli menilai Adidas tidak hanya sekedar mempertahankan penjualan melainkan juga sejarah dan pretisenya di dunia olahraga khususnya sepakbola. "Di pasar Eropa, masih ada persepsi bahwa Adidas secara historis berkaitan dengan sepakbola sedangkan Nike tidak," kata Chadwick. 


Para pakar ini mengatakan, Adidas masih menggungguli Nike di Eropa karena bermitra dengan FIFA dan klub ternama seperti Real Madrid dan Bayern Munich. Namun, dia memperkirakan Nike akan menggungguli Adidas dalam 10 tahun mendatang. "Di pasar Eropa, masih ada persepsi bahwa Adidas secara historis berkaitan dengan sepakbola sedangkan Nike tidak," kata Chadwick. 


Adidas tentu tidak akan tinggal diam melihat sepak terjang Nike. Manager Pemasaran Adidas Michael Kresser mengatakan, pihaknya akan berusaha menciptakan satu produk inovasi bagi pasar sepakbola setiap tahunnya. "Kami pemimpin pasar dan akan melakukan apa saja untuk mempertahakan posisi tersebut," katanya pada Mei lalu. 


Adidas menargetkan bisa menjual lebih dari 1,5 miliar euro (US$ 1,87 miliar) barang-barang yang berkaitan dengan sepakbola tahun ini. Asal tahu saja, Adidas menjadi sponsor enam dari 16 tim yang berlaga dalam Euro 2012 ini. Keenam tim itu yakni Spanyol, Ukraina, Denmark, Jerman, Yunani dan Rusia. 


Nike juga tak ingin mengalah. Direktur Komunikasi Nike Charlie Brooks mengatakan, dunia sepakbola sangat-sangat penting. "Kami telah membuat strategi pemasaran pada 1994 yang tujuannya menjadi merek terkenal dalam dunia olahraga. Kami akan memimpin dunia sepakbola," tegasnya. Nike saat ini menjadi sponsor bagi lima tim yakni Portugal, Prancis, Belanda, Kroasia dan Polandia.


Sumber: kontan.co.id

0 komentar:

Posting Komentar