Senin, 19 Juli 2010

Menjaga Konsistensi Diri

Mudah untuk memulai, tetapi sulit untuk mempertahankan sehingga gagal mengakhiri dengan baik sesuai keinginan. Terdengar familiar situasi diatas dengan kondisi kita sekalian ? Suatu keadaan yang sering berulang terus-menerus dalam hampir semua aspek hidup, entah itu pekerjaan, aktivitas kuliah, aktivitas gereja, kehidupan pernikahan, pacaran, bahkan aktivitas blogging sekalipun. 


Yah, memang manusia itu adalah makhluk yang berapi-api pada awalnya, namun kerap kali gagal menjaga api tersebut tetap menyala. Satu hal yang mungkin banyak orang lupa adalah yang terpenting bukan seberapa hebat kita memulai, tetapi bagaimana menjaga konsistensi dalam setiap hal yang kita lakukan. Penting eskali untuk menjaga konsistensi, sebab tanpa adanya konsistensi, api/semangat sebesar apapun akan padam juga.

Teman dan pengaruh lingkungan sedikit banyak juga mempengaruhi seberapa lama konsistensi anda dalam melakukan suatu hal. Oleh karena iut, pilihlah lingkungan yang sesuai dengan apa yang ingin anda seriusi untuk kerjakan. Dan aspek terbesar bagaimana menjaga agarkonsistensi itu tetap ada adalah melalui diri kita sendiri.


Bagaimana dari diri kita sendiri menjaga / melatih konsistensi ? Bisa dengan banyak hal, membaca buku salah satunya (dan yang paling sering dilakukan banyak orang termasuk saya). Milikilah koleksi buku yang dapat membangun semangat dan spirit anda serta tetap mempertahankannya pada track yang benar. Dan ingat, konsistensi untuk terus membaca dan belajar, sebab kalau tidak demikian, buku sehebat apapun juga tidak akan memberi efek yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar