Sabtu, 22 Maret 2014

Ini 6 Cara Gunakan Twitter Untuk Dukung Bisnis Anda

Twitter adalah salah satu media tercepat yang biasa kita tuju untuk mengecek berita sebelum muncul di media atau sekadar mencari tahu apa yang sedang sering dibicarakan di dunia. Tapi tak hanya sebagai fungsi personal, Twitter adalah tempat yang bagus untuk membangun brand (merek) usaha Anda, memasarkannya, dan juga memperluas jaringan. Ini dia 6 cara menarik dan efektif dalam menggunakan Twitter sebagai seorang entrepreneur profesional.
1. Tentukan tujuan Anda
Apakah Anda ingin membuat orang lain sadar dan tahu akan brand Anda atau hanya sekadar sebagai kontak. Anda harus tahu untuk apa alasan Anda membuat akun Twitter. Itu adalah cara agar Anda tahu bagaimana menggunakannya dengan efektif, melacak strategi yang pesaing Anda gunakan, dan jenis orang yang mereka ajak bicara di Twitter.
Jika Anda tertarik untuk memperluas jaringan, follow (ikuti) orang-orang yang tepat, mulailah diskusi dengan followers Anda, dan bergabung bersama orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda.
2. Perbaharui profil Anda
Gambar profil yang tidak jelas dan bio yang terlalu generik, tidak akan membuat orang tertarik untuk mengikuti Anda di Twitter. Ingat soal brand Anda dan apa yang ingin Anda tonjolkan. Pikirkan sesuatu yang unik dan 'out of the box' lalu tulislah bio yang akan menarik perhatian.
3. Follow pesaing Anda
Sangat penting untuk mengetahui apa yang pesaing Anda sedang lakukan, strategi mereka, dan target pasar mereka. Jangan hanya follow mereka tapi juga follow orang-orang yang mereka follow.
Target pasar Anda akan mirip jika apa yang Anda tawarkan juga mirip. Follow orang-orang berpengaruh dan selebriti, karena mereka punya banyak followers. Mention (sebut) mereka di twit Anda untuk mendapatkan perhatian dari follower mereka dan bisa jadi twit Anda di retweet.
4. Tindak lanjuti
Interaksi pribadi itu sangat penting di Twitter, karena dengan begitu Anda membuat diri Anda terpisah dari berbagai brand dan akun pribadi lainnya.
Setelah Anda follow seseorang, kirimi mereka pesan bahwa Anda telah mengikuti mereka di Twitter dan menyukai twit yang mereka tulis. Jangan lupa juga untuk membalas twit dari followers Anda, favorite twit yang Anda suka, dan lakukan retweet. Intinya, jaga interaksi antara Anda dengan followers tetap berjalan dinamis.
5. Buat "List" dalam Twitter
Anda tak perlu lagi membuat halaman excel untuk mengatur kontak Anda. Gunakan Twitter secara efektif dengan memisahkan orang-orang ke berbagai daftar (list).
Dengan begitu, Anda akan memiliki database sendiri yang akan sangat berguna ketika Anda membutuhkan kontak pada kelompok tertentu. Contohnya, jika Anda memiliki semua daftar pelanggan potensial, Anda akan dapat melihat sekilas apa yang mereka bicarakan dan kemudian memenuhi kebutuhan mereka dengan sesuai.
6. Dengarkan followers Anda
Mendengarkan apa yang followers Anda katakan akan sangat bermanfaat. Ketika Anda mendengarkan mereka, Anda dapat memutuskan apakah brand Anda memiliki apa yang followers Anda cari.
Setiap orang senang didengarkan dan ini adalah cara yang baik untuk mendengarkan mereka serta memberikan apa yang mereka butuhkan. Jangan langsung memaksakan pemasaran produk Anda. Lakukan dengan cara yang halus. (bn/kabar24.com)

0 komentar:

Posting Komentar